Rekan-rekan semua kali ini kami akan membagikan tentang Kisi-kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah. Rekan-rekan semua pastinya sudah tau tenga uji kompetensi guru pada SIM PKB. Pada postingan yang sebelumnya kami sudah memberikan artikel tentang Kisi-kisi guru, jadi kali ini kami akan memberikan kisi-kisi uji kompetensi untuk kepala sekolah.
Pada Isi kisi-kisi Uji kompetensi Kepala sekolah ini, terdapat Dimensi,kompetensi dan Indikator. Jadi pada kisi-kisi tersebut sudah dijelaskan dan sudah sangat jelas sekali.
Kegunaan Kisi-kisi Uji kompetensi Kepala sekolah ini sangatlah berguna sekali bagi PTK tersebut,Maka dari itu rekan-rekan semua bisa mempelajarinya kisi-kisi tersebut pada artikel diawah ini :
DIMENSI :
- Manajerial
KOMPETENSI :
- Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan
- Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya secara optimal
- Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik
- Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal
- Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal
- Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan kapasitas peserta didik
- Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
- Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah
- Melakukan monitoring, mengevaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
INDIKATOR :
- Merumuskan visi sekolah/madrasah Membedakan rumusan visi dan misi Merumuskan misi sekolah/madrasah Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/madrasah Merumuskan tujuan sekolah/madrasah Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/madrasah Menyusun rencana kerja sekolah/madrasah Menyusun perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah Mengarahkan perencanaan evaluasi program.
- Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sekolah/madrasah Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program
- Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
- Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi belajar
- Menganalisis kebutuhan guru dan staf Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan Menerapkan prinsip penghargaan dan pembinaan untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan staf
- Menganalisis kebutuhan sarana prasarana Menganalisis kebijakan program tertulis mengenai pengelolaan sarana prasarana Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah/madrasah Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan
- Menyeleksi peserta didik baru (PPDB) Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif Melaksanakan orientasi peserta didik baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat
- Menyusun RKAS Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan dan akuntabel Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)
- Membuat daftar urut kepangkatan pegawai menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah/madrasah
- Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri Sekolah/madrasah Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi program sekolah/madrasah
DIMENSI :
- Usaha Pengembangan Sekolah
KOMPETENSI :
- Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan
- Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/ madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif
- Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah
- Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
- Mengelola unit layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah
- Mengelola sistem informasi pendidikan di sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
- Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah
INDIKATOR :
- Menganalisis tugas dan fungsi sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai hasil analisis tugas dan fungsi Melaksanakan rincian tugas dan fungsi pengembangan struktur organisasi Mengevaluasi keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi
- Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar Mengembangkan suasana belajar yang kondusif bagi seluruh warga sekolah/madrasah Merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan perangkat organisasi pembelajar
- Menggali bentuk dukungan masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan Membangun kemitraan dalam pengembangan sekolah/madrasah Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/ pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan
- Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan
Itulah ulasan singkat tentang kisi-kisi uji kompetensi kepala sekolah, silahkan rekan-rekan semua bisa donwload pada link dibawah ini:
Demikian penjelasan tentang kisi-kisi uji kompetensi kepala sekolah,smoga bermanfaat buat rekan-rekan semua,amin
Salam Satu Data.